Apakah boleh mendengar musik?
2 Jawaban
HAMBA ALLAH

Bismillah,,, simak dalil dibawah ini


HADITS - HADITS YANG BERKENAAN TENTANG LARANGAN MUSIK


عن عبد الرحمن بن غنم الأشعري قال حدثني أبو عامر أبو ملك الأشعري والله ما كزبني سمع النبي صلى الله عليه وسلم يقول ليكون من أمتي أقوام يستحلون الحر و الحرير و الخمر و المعازف ولينزلن أقوام إلى جنب علم يروح عليهم بسارحة لهم يأتيهم يعنى الفقير لحاجة فيقولون ارجع إلينا غدا فيبيتهم الله و يضع العلم و يمسخ آخرين قردة و خنازير إلى يوم القيامة 


Dari Adurrahman bin Ghanm Al-Asy'ari, dia berkata :"Abu 'Amir atau Abu Malik Al-Asy'ari telah menceritakan kepada ku, demi Allah dia tidak berdusta kepada ku, dia telah mendengar Nabi Sholallahu'alahi wa sallam bersabda :"Benar-benar akan ada beberapa kelompok orang dari umatku akan menghalalkan kemaluan (yakni zina), sutera, khamr, dan alat-alat musik. Dan beberapa kelompok orang benar-benar akan singgah ke lereng sebuah gunung dengan binatang ternak mereka. Seorang yang miskin mendatangi mereka untuk satu keperluan, lalu mereka berkata :"Kembalilah kepada kami besok. "Kemudian Allah menimpakan siksaan kepada mereka di waktu malam, menimpakan gunung (kepada sebagian mereka), dan merubah yang lainnya menjadi kera-kera dan babi-babi sampai hari kiamat."


📖Hadits Shahih, riwayat Bukhari di dalam shahihnya, 📚Kitab Al-Asy-ribah ;dan lainnya. 

▪Ibnu Hazm رحم آلله mendoifkan hadits ini dan di ikuti oleh sebagian orang sekarang dengan anggapan sanad hadits ini terputus antara Bukhari dengan Hisyam bin 'Ammar. Hal ini tidak benar, karena Hisyam adalah syaikh Bukhari. Selain itu banyak perawi lain yang mendengar hadits ini dari Hisyam.


🔍Lihat :Tahrim Alat Ath-Tharb, hal :38-51, karya Syaikh Al-Albani , dan lihat para imam dan hafizh sepanjang zaman yang menshohihkan hadits ini, pada Tahrim Alat Ath-Tharb hal :89 


عن أبي مالك الأشعري قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ليش بن ناس من أمتي الخمر يسمونها بغير اسمها يعزف على رئوسهم بالمعازف و المغنيات يخسف الله بهم الأرض و يجعل منهم القردة و الخنازير 


Dari Abu Malik Al-Asy'ari, dia berkata :Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa sallam bersabda :"Sekelompok orang dari umatku benar-benar akan minum khamr, dan mereka akan menamakan khamr dengan nama lain. Di atas kepala mereka akan di mainkan alat-alat musik dan penyanyi-penyanyi biduan wanita. Allah akan membenamkan mereka kedalam bumi/tanah, dan menjadikan yang lainnya menjadi kera-kera dan babi-babi. 


📖Hadits Shahih Lighairihi, riwayat Bukhari di dalam At-Tarikh ;Ibnu Majah (no :4020) dan ini lafazhnya ;Ibnu Hibban ;Al-Baihaqi ;Ibnu Abi Syaibah ;Ahmad ;dan lainnya. 

🔍Lihat :Tahrim Alat Ath-Tharb ", hal :45-48, karya Syaikh Al-Albani. 


صوتان ملعونان في الدنيا والآخرة :

مزمار عند نعمة، ورنة عند مصيبة 

Dua suara yang dilaknat di dunia dan Akhirat :

Nyanyian di saat gembira, dan jeritan ketika musibah. 


📖Hadits Al-Bazzar di dalam Musnadnya 1/377 /795 - Kasyful Astar ;dan Abu Bakar Asy-Syafi'i di dalam Ar-Ruba'iyyat 2/22 /1-manuskrip Zhahiriyyah, dan Adh-Dhiya ' Al-Maqdisi di dalam Al-Ahadits Al-Mukhtarah 6/188/2200,2201;Ibnus Samak di dalam Al-Awwalu Min Haditsihi, 📃lembar 87/2-manuskrip. 

✔Hadits ini derajat shohi

Lighairihi. Tahrim Alat Ath-Tharb, hal :51-52


عن عبد الرحمن بن عوف قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

إنني لم أنه غن الماء، ولكني نهيت عن صوتين أحمقين فاجرين،:صوت عند نعمة لهم، و لعب، ومزامير الشيطان، وصوت عند مصيبة لطم وجوه و شق جيوب ورنة شيطان 


Dari Adurrahman bin Auf, berkata :Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa sallam bersabda :"Aku tidak melarang dari menangis, tetapi aku telah melarang dari dua suara yang bodoh dan maksiat :

🎹🎤🎸🥁🎷🎺

🎙Suara di saat Nyanyian hiburan /kesenangan, permainan, dan lagu-lagu syaitan. 

🎙Dan suara di saat musibah, menampar wajah, merobek baju, dan jeritan syaithon. 


📖Hadits Riwayat Al-Hakim 4/40;Al-Baihaqi 4/69;dan di dalam Asy-Syu'ab 7/241,1063,1064;Ibnu Abi Dunya di dalam Dzammul Malahi lembar 159/1 Zhahiriyyah ;Al-Aajuri di dalam Tahrimun Nard 201/63;Al-Baghawi di dalam Syarhus Sunnah 5/430-431;Ath-Thayalisi di dalam Musnadnya(1683) ;Ibnu Sa'ad di dalam Ath-Thabaqat 1/138;Ibnu Abi Syaibah di dalam Al-Mushannaf 3/393;Abd bin Humaid di dalam... 

Ayo Gabung di Telegram 

📲t.me/HukumMusik


Al-Muntakhab Minal Musnad 3/8/1044;Tirmidzi, disetujui oleh Az-Zailah'i di dalam Nashbur Rayah 4/84,dan Ibnul Qayyim di dalam Al-Ighatsah 1/254;Al-hafizh mendiamkannya di dalam Fathul Bari 3/173-174, sebagai isyarat penguatannya. 

🔍Lihat :Tahrim Alat Ath-Tharb ", hal :52-53


💡Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah رحم آلله berkata didalam kitab beliau Al-istiqomah 1/292-293:

🎙Hadits ini termasuk hujjah yang paling baik tentang pengharaman Nyanyian, sebagaimana didalam lafazh yang terkenal :" Suara disaat kenikmatan ;hiburan dan kesenangan, dan lagu-lagu syaitan. "Maka beliau melarang dari suara yang dilakukan disaat kenikmatan, sebagaimana beliau melarang suara yang dilakukan di saat musibah. Dan suara yang dilakukan di saat musibah. Dan suara yang dilakukan di saat kenikmatan adalah suara Nyanyian." 


📚Tahrim Alat Ath-Tharb, hal :55


SIKAP ULAMA' TENTANG NYANYIAN DAN MUSIK 


🌴🕋🕌🌴

Ucapan Para sahabat Nabi :

💬Ibnu Mas'ud rodhiyallahu 'anhu, ketika menjelaskan firman Allah :"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan... 


"Itu (perkataan yang tidak berguna) adalah nyanyian, demi Allah yang tidak ada sesembahan kecuali dia (3 kali). "


📖Hadits Riwayat Abi Syaibah ;Ibnu Jarir ;dan lainnya dengan sanad yang Shohih. 

🔍Lihat :Tahrim Alat Ath-Tharb, hal :143.


Beliau juga berkata :Nyanyian akan menumbuhkan Kemunafikan sebagaimana air akan menumbuhkan tumbuhan." 

📚Muntaqan Nafis Min Talbis Iblis, hal :306


💬Ibnu Umar rodhiyallahu 'anhu, beliau melewati sekelompok orang berihram, di antara mereka ada seseorang laki-laki yang bernyanyi, maka beliau mengatakan :

"ingatlah, semoga Allah tidak mendengarkan kamu. "


Beliau juga melewati gadis kecil yang bernyanyi, maka beliau mengatakan ;" seandainya setan meninggalkan seseorang, niscaya dia meninggalkan gadis kecil ini. "📚Ibid 


💬Ibnu Abbas rodhiyallahu 'anhu, berkata :

Rebana Haram, al-ma' azif (alat musik jenis apapun) haram, al-kuubah (beduk, gendang, drum, dan semacamnya) haram, dan seruling haram." 

📖Hadits Riwayat Al-Baihaqi, 10/222.Tahrim Ath-Tharb, hal :92


Ayo Gabung di Telegram 

📲t.me/HukumMusik


SIKAP ULAMA 'TENTANG NYANYIAN DAN MUSIK 


🌴📝📜🌴

Ucapan Para Ulama' di Bawah Sahabat :

🎙 Sa'id bin Musayyib berkata :

"Sesungguhnya aku benar-benar membenci nyanyian, dan menyukai rojaz(satu jenis sya'ir). 

📚Diriwayatkan Abdurrazzaq di dalam Al-Mushannaf 11/6/19743 dengan sanad yang Shohih. 

🖋di nukil dari Tahrim Alat Ath-Tharb, hal :101.


🎙 Al-Qasim bin Muhammad 


Seseorang lelaki bertanya kepada beliau tentang nyanyian, maka beliau menjawab ;

"Aku melarangmu darinya, aku membencinya untukmu. “

Lelaki itu berkata lagi :

"Apakah nyanyian itu haram? 

Beliau menjawab :

"Wahai anak saudaraku, perhatikanlah! Jika Allah memisahkan antara al-haq dengan al-batil, maka pada bagian mana Dia akan menghukumi nyanyian?. "

📚Muntaqan Nafis Min Talbis Iblis, hal :306.


🎙 Umar bin Abdul Aziz 


Beliau menulis surat kepada guru anaknya :

" Hendaklah pertama kali yang diyakini anak-anak ku dari tata krama mu adalah membenci nyanyian, yang awalnya dari syaitan, akhirnya kemurkaan Ar-Rahman Jalla Wa 'Alla. Karena sesungguhnya telah sampai kepadaku dari para ulama' yang terpercaya bahwa menghadiri alat-alat musik dan mendengarkan nyanyian-nyanyian, serta menyukainya akan menumbuhkan Kemunafikan didalam hati, sebagaimana air akan menumbuhkan tumbuhan. Demi Allah, sesungguhnya menjaga hal itu dengan tidak mendatangi tempat-tempat tersebut, lebih mudah bagi orang yang berakal, daripada bercokolnya kemunafikan di dalam hati. "

📚 Muntaqan Nafis Min Talbis, hal :306


🎙 Fudhail bin 'Iyadh berkata :


Nyanyian adalah mantra syaitan. 

📚Muntaqan Nafis Min Talbis, hal :307


🎙 Adh-Dhahhak berkata :


" Nyanyian akan merusak hati dan menjadikan Allah murka. "

📚Ibid


🎙 Yazid bin Al-Walid berkata :


" Wahai Bani Umayyah! Jauhilah nyanyian. 

Sesungguhnya ia akan menambah syahwat dan merusak kesopanan. Sesungguhnya nyanyian itu benar-benar mewakili khamr, pelakunya akan melakukan apa yang dilakukan oleh pemabuk"...📚Ibid


🎙Asy-Sya'bi 

Isma'il bin Abi Khalid meriwayatkan bahwa dia membenci upah penyanyi wanita, dan berkata :

"Aku tidak suka memakannya. 


📚Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah di dalam Al-Mushannaf 7/9/2203;dengan sanad yang Shohih. 

🖋di nukil dari Tahrim Alat Ath-Tharb, hal :101 


Beliau juga berkata: "Penyanyi dan orang yang menikmati nyanyian dilaknat." 

📚Muntaqan Nafis Min Talbis Iblis, hal :306


🎙 Imam Abu Hanifah


Abuth Thayyib Ath-Thabari berkata :

"Abu Hanifah membenci nyanyian, walaupun beliau membolehkan minum nabidz (sari buah yang diperas). Beliau menganggap mendengarkan nyanyian termasuk dosa. Demikian juga pendapat seluruh penduduk Kufah (yakni para ulamanya) ➡️ Ibrohim, Asy-Sya'bi, Hammad, Sufyan Ats-Tsauri, dan lainnya. 

Tidak ada perbedaan pendapat di kalangan mereka dalam hal itu. Dan di antara penduduk Bashrah (yakni para Ulama), tidak dikenal adanya perbedaan pendapat tentang kebencian dan larangan nyanyian, kecuali yang diriwayatkan dari 'Ubaidullah bin Al-Hasan Al-' Anbari. "

📚Muntaqan Nafis Min Talbis Iblis, hal :300-301. 


🎙Imam Malik bin Anas


Beliau ditanya tentang nyanyian, beliau menjawab :

" Sesungguhnya yang melakukannya di kalangan kita. "hanyalah orang fasik." 

📚 Riwayat Al-Khallal di dalam Al-Amru bil Ma'ruf dan Ibnul Jauzi di dalam Talbis Iblis. 

🖋di nukil dari Tahrim Alat Ath-Tharb, hal :99-100.


Ayo Gabung di Telegram 

t.me/HukumMusik 

Dan Channel lain 

t.me/HukumGambar


🎙 Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata :


Sesungguhnya Imam Empat bersepakat tentang haraman al-ma'zif, yaitu alat-alat hiburan, seperti 'ud (banjo;nama alat musik seperti rebana) dan semacamnya. Seandainya seseorang merusaknya, maka menurut mereka (Imam Empat) orang tersebut tidak diharuskan mengganti bentuk kerusakan. Bahkan menurut mereka haram memilikinya. "

📚Minhajus Sunnah 3/439,

🖋di nukil dari Tahrim Alat Ath-Tharb, hal :99.


🎙 Ibnu Qayyim berkata :


"Sisi penunjukan dalil (keharaman alat-alat musik) bahwa al-ma'zif adalah alat-alat hiburan semuanya, tidak ada perselisihan di antara ahli bahasa di dalam hal ini. Seandainya hal itu halal, niscaya Nabi tidak mencelah mereka terhadap penghalalannya. Dan ketika beliau merangkaikan penghalalan al-ma'zif dengan penghalalan khamr dan zina.. Dan beliau telah mengancam orang - orang yang menghalalkan al-ma'zif dengan dibenamkan oleh Allah kedalam bumi, dan merubah mereka menjadi kera dan babi, walaupun ancaman ini terhadap seluruh perbuatan-perbuatan ini, tetapi pada masing-masing terdapat celaan dan ancaman. 

📚Ighatsatul Lahfan, hal :1/260-261,🖋di nukil dari Tahrim Alat Ath-Tharb, hal :95


Ayo Gabung di Telegram dan sebarkan ilmu. 

📲t.me/HukumMusik


🎙Asy-Syaikh Ahmad bin Yahya An-Najmi berkata :


"Sesungguhnya mayoritas Salaf dari kalangan sahabat, tabi'in dan orang-orang setelah mereka, bersepakat atas haramnya nyanyian dan alat musik. Dan aku akan menyampaikan banyak dari perkataan mereka ini. Dan telah diriwayatkan dari sebagian Salaf tentang bolehnya nyanyian, hanya saja orang-orang di nukilkan membolehkan itu tidak menghendaki nyanyian seperti yang di kenal menghendaki nyanyian seperti yang dikenal sekarang ini. Yang mereka maksudkan hanyalah mengangkat suara dan melantunkan bait-bait sya'ir, yang di dalamnya tidak ada sesuatu yang terlarang atau haram. Dan itulah arti nyanyian yang dikenal sekarang, maka tidak ada ulama 'pun yang berselisih keharamannya. 

Kesimpulannya bahwa ulama' Salaf yang di riwayatkan membolehkan nyanyian, yang mereka maksudkan hanyalah melagukan sya'ir-sya'ir yang mubah saja.,maka berdalil dengannya untuk membolehkan nyanyian yang di kenal sekarang ini merupakan KESALAHAN BESAR. 

Dan kami juga mengatakan :

"Tidak ada hujjah di dalam perkataan siapapun selain Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa sallam. 

Maka seandainya benar ada di antara Salaf yang membolehkannya, maka pendapatnya tertolak karena menyelisihi Sabda Rasulullah Shallallahu' Alaihi wa sallam. Perlu di ketahui bahwa para pembesar ulama' dan ahli Agama di setiap zaman dan tempat telah menyebutkan adanya ijma' Salaf umat ini tentang haramnya nyanyian. Di antara yang menyatakan adanya ijma ' adalah Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari di dalam tafsir nya. Beliau menyebutkan adanya ijma' tentang haramnya nyanyian, selain dua orang saja, Ibrahim bin Sa'd dan Ubaidullah bin Al-Hasan Al - Anbari. Termasuk yang menyatakan adanya ijma 'adalah Ibnu Ash-Shalah dan Ibnu Al-Mundzir. 

📚Tanzihusy Syar' ih 'An Ibahatil Aghanil Khali' ah:

Hal :51-53, secara ringkas. 


Ayo Gabung di Telegram dan sebarkan ilmu. 

📲t.me/HukumMusik

...Berikutnya
Komentar 8 Suka 7
Han Tu
0
terimakasih🙏😊
04-17 00:43
0 jawaban
HAMBA ALLAH
0
dn juga Allah telah menyebutkan dlm surah An nisa :115 &Al jumu'ah :2..lihat mushaf dn silahkan disimak baik2 .Barokallahufiik
04-13 08:23
0 jawaban
Rekomendasi
Hukum mendengar musik?
Apa hukumnya mendengar musik?
Apa Hukumnya Mendengar Musik?
Apakah boleh mendengar musik?
Apa hukumnya mendengar musik dalam pandangan Islam?