Nabi Muhammad Sebagai Panutan Selebritas dalam Berhijrah
Republika.co.id

Kelahiran Nabi Muhammad menjadi pangkal lahirnya Islam sebagai agama terbesar di dunia. Sosok sebagai nabi dan rasul terakhir di dunia ini menjadi suri tauladan bagi pengikutnya dari segala pekerjaan termasuk di dunia hiburan.

Sebut saja musisi asal Inggris Harris J, dengan musik religinya, Harris menyajikan lagu-lagu bernuansa damai. Sebut saja lagu 'Rasool Allah', lagu yang diciptakan oleh Paddy Dalton, Mohammad Denebi, Maher Zain, dan Bara Kherigi ini bercerita mengenai sosok Nabi Muhammad.

Harris J membawakan lagu tersebut dengan pembawaannya yang khas. Liriknya menggambarkan bagaimana Nabi Muhammad hadir ke dunia dengan segala kebaikannya dan mengubah dunia dengan agama Islam.

Pemuda berumur 22 tahun ini mengakui sosok Nabi Muhammad menjadi inspirasi besar baginya. Bahkan musisi yang hafal 10 juz Alquran ini begitu mengagumi Nabi Muhammad SAW. "Nabi Muhammad dan Alquran menjadi inspirasi saya dalam bermusik. Pesan yang Nabi sampaikan menjadi panutan hidup saya, tidak hanya bermusik," kata Harris J ketika ditemui Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Hal senada disampaikan juga oleh dua aktor film '5 Penjuru Masjid', Taufik Akbar dan Faisal Azhar Harahap. Bagi Taufik, sosok Nabi Muhammad menjadi suri tauladan bagi hidupnya. "Banyak sekali contoh yang bisa kita teladani yang diambil dari sosoknya. Bagaimana perilaku kepada orang tuanya, bagaimana mengajarkan kebaikan pada tabi'in-tabi'innya, dan pengikutnya."

Menurut pemeran Bewok ini, sosok Nabi memang patut untuk dicintai karena beliau pun telah mencintai kita sebagai umatnya. "Yang disebut saudara saudara rosul itu bukan ali, umar atau sahabat rasul. Dia bilang, 'saudara saya itu yang tidak tahu saya tapi mencintai saya' ya kita kita ini," lanjutnya.

Hadis yang dimaksud oleh Taufik adalah hadist Muslim yang berisi, "Saudara-saudaraku adalah mereka yang belum pernah melihatku tetapi mereka beriman denganku dan mereka mencintai aku melebihi anak dan orang tua mereka. Mereka itu adalah saudara-saudaraku dan mereka bersama denganku. Beruntunglah mereka yang melihatku dan beriman kepadaku dan beruntung juga mereka yang beriman kepadaku sedangkan mereka tidak pernah melihatku."

Taufik juga mengungkapkan bagaimana dia mencintai Nabi Muhammad karena beliau juga mengajarkan untuk berbuat baik bagi sesama manusia. Sebagai mana dalam sebuah hadist Anas ra. berkata, bahwa Nabi SAW. bersabda, "Tidaklah termasuk beriman seseorang di antara kami sehingga mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri". (H.R. Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Nasai).

Taufik menjelaskan bagaimana maulid nabi bukan hanya sebagai momentum kelahiran nabi ke dunia. Tapi juga mensyukuri bahwa telah hadir suri tauladan paling benar untuk umat Islam.

Hal serupa diamini oleh rekan seprofesi Taufik, Faisal. Pemeran Gani dalam film '5 Penjuru Masjid ini juga menauladani Nabi Muhammad sebagai panutannya. "Sosok Rasul sebagai seseorang yang kita rindukan misalnya dengan meneladani kisah hijrahnya dari mekah ke madinah," kata Faisal.

Bagaimana Nabi Muhammad bersama dengan Abu Bakar dan Ali Bin Abu Thalib hijrah dari Mekah menuju Madinah. Atas perintah Allah, hal pertama yang dibangun oleh Nabi adalah membuat masjid. Dari hijrah tersebutlah Faisal menungkapkan rasa bersyukurnya menjadi bagian dari umat islam.

"Masjid menjadi pusat peradaban, pusat dakwah, pusat sosial dan itu Masya Allah, kan. Dan di Indonesia sekarang banyak sekali masjid. Semoga dengan semangat Rasullah kita bisa meramaikan masjid seperti apa yang dilakukan olehnya," lanjut Faisal.

Kini hijrah tidak sekedar memiliki definisi berpindah tempat, sekarang orang-orang yang berpikir bahwa Islam bukan hanya sebuah agama namun harus dibela merupakan makna baru dari hijrah. "Bagi saya hijrah adalah proses bagi diri pribadi dan proses dari orang lain, maksud dari orang lain adalah sebagai syiar dalam kebaikan. Bagaimana pribadi bisa menjadi manfaat untuk orang banyak," kata Faisal.

Taufik sebagai pemuda yang hijrah selama syuting '5 Penjuru Masjid' berlangsung pun memiliki definisi hijrahnya sendiri. "Saya pribadi hijrah bukan memiliki makna berpindah dari satu tempat ke tempat lain namun juga berpindah dari sifat A ke sifat B. Dan ketika saya berperan sebagai Bewok dalam film ini, itu kerasa banget, dari proses reading sampe syuting, bagaimana memerankan bewok dari yang nyuri kotak amal sampai menjadi pribadi yang lebih baik itu kerasa sama saya. Saya dipertemukan dengan orang baik sehingga saya hijrah menjadi yang lebih baik," jelas Taufik.

Tentu artis yang pernah berkecimpung di dunia jurnalis, Merry Putrian juga memiliki pendapatnya sendiri mengenai hijrah. Apalagi sosok Merry yang menjadi salah satu public figure yang hijrah karena kini sudah menggunakan hijab.

"Hijrah bukan hanya berganti secara pakaian atau kostum, jilbab memang pakaiannya umat muslim, hijrah sendiri menurut aku adalah hijrah secara perilaku yang memang aku harus selaras dengan Alquran baik dengan perilaku dan kata-kata," katanya pada Republika beberapa hari yang lalu.

Bagi Merry, Alquran tidak hanya menjadi kitab suci umat Islam. Namun juga sebagai panutan dalam berbenah diri. "Alquran bukan hanya jadi kitab suci, bukan sekedar baca atau tahu, tapi memang yang aku aplikasikan di dunia ini."

Artis yang berulang tahun bersamaan dengan maulid nabi pada 1 Desember mendatang ini juga menyatakan dirinya sangat senang menyambut hari lahirnya Nabi Muhammad. "Mungkin hanya sekedar angka, tapi lebih dari itu saya memaknai maulid nabi sebagai umat Islam merefleksikan diri dari apa yang Nabi sudah kerjakan dan berikan pada kita," kata Merry.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan