Cerdas dalam Hijrah
Catatan Hijrah

Islam adalah agama yang mengajarkan


continuous improvement


atau hijrah untuk perbaikan yang dilakukan terus menerus. Buktinya, ketika shalat Jumat, khatib mengingatkan untuk selalu meningkatkan taqwa kita kepada Allah.


Menilik hijrah Rasul, beliau membuat dua tindakan cerdas yaitu membuat program pembenahan dan melakukan tindakan perubahan nama (Yatsrib menjadi Madinah). Dengan kedua tindakan tersebut, Islam menjadi jaya dan dapat berkembang ke seluruh dunia.


Karena itu, jika kita ingin berhasil dalam hijrah menuju perbaikan yang terus menerus, hendaknya kita juga mencontoh Nabi SAW yaitu dengan membuat program pembenahan dan perubahan.


Alasan banyak yang dari tahun ke tahun kita tidak mengalami perbaikan yang berarti, salah satu faktor penyebab utamanya adalah karena kita tidak pernah membuat program atau rencana perbaikan yang jelas.


Untuk itu Sahabat Umma, yuk, sama-sama menulis program hijrah pribadi menuju yang lebih baik. Bahkan, bila perlu ditempel di ruang pribadi atau simpanlah dalam tas agar bisa dibawa ke mana pun. Karena dengan menulis, anda tidak akan lupa.


Beberapa program hijrah menuju perbaikan adalah sebagai berikut:


1. Memperbaiki cara shalat


2. Melaksanakan shalat berjamaah di masjid lima waktu


3. Melaksanakan shalat Dhuha dan shalat sunnah lainnya


4. Melaksanakan sedekah rutin


5. Berpuasa Senin Kamis


6. Membuka tabungan haji


Dan lain-lain sesuai kebutuhan anda sendiri.


Setelah menulis program, jangan lupa untuk selalu memonitor keberhasilannya. Yuk, semangat Sahabat Umma!

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan