Baru Berhijrah? Yuk Kenali Perbedaan Jilbab, Khimar, dan Hijab!
Okezone

Sering kali terjadi kesalahan dalam membedakan hijab, jilbab, dan khimar; padahal ketiganya merujuk pada hal yang berbeda.

Hijab dalam bahasa Arab berarti “penutup atau penghalang”. Makna hijab sangatlah luas. Dalam QS. Al-Ahzab ayat 53 disebutkan bawa hijab adalah penutup secara umum, seperti tirai, kelambu, atau papan pembatas. Abul Baqa’ Al Hanafi menjelaskan:

كل مَا يستر الْمَطْلُوب وَيمْنَع من الْوُصُول إِلَيْهِ فَهُوَ حجاب

“Setiap yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi atau menghalangi hal-hal yang terlarang untuk digapai maka itu adalah hijab” (Al Kulliyat, 1/360).

Apabila dikaitkan dengan menutup aurat, hijab lebih merujuk kepada tata cara berpakaian yang pantas menurut tuntunan Islam.

Jilbab (di antara berbagai maknanya) adalah gamis atau pakaian longgar yang tidak menampakkan lekukan tubuh dan menutupi seluruh anggota tubuh kecuali, telapak tangan dan wajah. Perintah berjilbab terdapat dalam QS. Al-Ahzab ayat 59 yang artinya:

“Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Khimar sering kali dianggap sama dengan kerundung. Namun, ada juga yang membedakan keduanya. Khimar adalah sesuatu yang menutupi kepala, leher, dan dada tanpa menutupi muka dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh, sedangkan kerudung hanya menutupi kepala atau leher saja, tanpa menutupi lekuk tubuh pada leher dan dada. Ayat mengenai perintah mengenakan khimar terdapat dalam QS. An-Nuur ayat 31 yaitu:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

“Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa ) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain khimar ke dadanya,”.

Untuk Kamu
Lihat 20 Artikel
Bagikan